Alfons Manibuy Apes Berlapis, Misi Lambert Jitmau Sebagai Ketua Golkar Papua Barat Terwujud

0
47
Johny Kamuru (kiri, baju merah), Bupati Kabupaten Sorong.
Google search engine
Spread the love

SORONG, jurnalpapua.id – Misi Drs. Ec Lambert Jitmau, Walikota Sorong untuk duduk di kursi nomor satu Partai Golkar Papua Barat akhirnya terwujud setelah dilakukan Musyawarah Daerah (Musda) ulang di Swissbell Hotel Kota Sorong, Senin (1/3/2021).

Musda ulang ini adalah keputusan dewan Mahkamah Partai Golkar, sebagai respons dari berbagai laporan persoalan yang membelit pelaksanaan Musda III Golkar Papua Barat pada 15 Agustus 2020, di kompleks DPP Partai Golkar di Jakarta.

Keputusan dilaksanakan Musda Ulang dan hasil pelaksanaan Musda Ulang di Kota Sorong ini, praktis membuat nasib apes Alfons Manibuy berlapis. Sebelumnya, dalam Musda III Partai Golkar di Jakarta, telah mendudukkan Alfons sebagai Ketua DPD I Golkar Papua Barat, menggantikan Rudi Timisela.

Jabatan di tubuh partai itu ternyata dianulir dan dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Partai. Kini jabatan itu beralih ke pangkuan Lambert Jitmau, yang sebelumnya juga maju sebagai kandidat ketua saat Musda III di Jakarta.

Sebelum jabatan Alfons sebagai Ketua Partai Golkar Papua Barat hasil Musda Jakarta itu dilucuti Mahkamah Partai, Alfons telah menelan pil pahit menyusul jago politiknya di Pilkada Kabupaten Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy, keok melawan kandidat petahana, Petrus Kasihiw – Matret Kokop.

“Kemungkinan dia akan apes lagi setelah peluang karir politiknya di Partai Golkar ditutup, karena telah melawan keputusan partai dalam Pilkada Teluk Bintuni,” ujar seorang politisi senior Partai Golkar, disela-sela pelaksanaan Musda Ulang di Kota Sorong.

Pelaksanaan Musda III di Kota Sorong yang dipimpin Plt Ketua DPD I Golkar Papua Barat, Aziz Syamsudin, berlangsung tertib. Aziz yang juga Ketua DPR RI ini, sebelumnya telah ditunjuk Mahkamah Partai Golkar untuk menjabat sebagai Plt Ketua Golkar Papua Barat, bersama dengan Nurul Arifin sebagai Plt Sekretaris.

Saat ia membuka sesi pendaftaran kandidat ketua, hanya Lambert Jitmau yang mengacungkan tangan untuk maju. Hingga batas waktu pendaftaran ditutup, tidak ada kandidat lain yang maju.

“Karena dia maju sebagai calon tunggal, otomatis secara aklamasi dia terpilih sebagai Ketua Golkar Papua Barat,” ujar Rasimin SE, kader Partai Golkar Kabupaten Sorong. JP01

Google search engine

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here